Subaru Senang Batal Bangun Pabrik di China

Written By Unknown on Selasa, 20 November 2012 | 09.18

Tokyo, KompasOtomotif - Fuji Heavy Industries Limited, produsen Subaru mengaku lega llantaran batal membangun pabrik di China. Alhasil, saham perusahaan tersebut melompat 83 persen di bursa Tokyo tahun ini, kenaikkan tertinggi di Nikkei 225 Stock Average.

"Menjual mobil di China saat ini sulit. Untungnya kami bisa memperoleh kompensasi kerugian di sana dengan memproduksi lebih banyak mobil di Jepang dan Amerika Serikat," komentar Presiden Direktur Fuji Heavy Industries Limited ,Yasuyuki Yoshinaga dilansir Bloomberg (19/11/2012).

Ketiga merek Jepang lain (Toyota, Honda, Nissan) menghentikan produksinya di China mulai bulan lalu, Subaru justru berhasil mendongkrak pasokan ke Amerika Serikat dan Jepang. Maklum, inden Subaru untuk BRZ sudah mencapai 6 bulan dan Impreza hatchback dua bulan. Hasilnya,  keuntungan perusahaan naik sampai 40 persen, sedangkan Honda dan Nissan turun 5 persen.

Tahun lalu, Yoshinaga mengaku kesabarannya diuji setelah gagal mendapat persetujuan menjalin kerjasama dengan Chery Automobile Company. Pasalnya, Toyota - kini punya saham di Fuji Heavy Industries - sudah punya aliansi di China.

Ditolak 
Pemerintah China tidak melihat manajemen Fuji Heavy terpisah dari Toyota. Karena itu, kerjasama yang coba dijalin dinilai tidak sesuai dengan regulasi yang telah ditentukan pemerintah setempat.

Merakit kendaraan di China menjadi sangat penting bagi sebagian besar produsen untuk menghindari pajak impor 25 persen. China saat ini menjadi pasar terbesar ketiga Subaru setelah Amerika Serikat dan Jepang. Penjualan tidak tumbuh karena hanya bisa memasarkan 57.198 unit tahun lalu. Tahun sebelumnya 57.138 unit dan 35.348 unit pada 2009.

Penolakan pemerintah China waktu itu dinilai sebagai bencana oleh Subaru. "Dulu kami melihatnya sangat negatif. Kemalangan mereka kini justru jadi nasib baik karena protes Anti-Jepang. Untuk jangka panjang Subaru tetap tidak bisa lepas dari China," jelas Masatoshi Nishimoto, analis dari Automotive di Tokyo.


Anda sedang membaca artikel tentang

Subaru Senang Batal Bangun Pabrik di China

Dengan url

http://sainsisteck.blogspot.com/2012/11/subaru-senang-batal-bangun-pabrik-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Subaru Senang Batal Bangun Pabrik di China

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Subaru Senang Batal Bangun Pabrik di China

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger