Toyoda Minta Presiden RI Perbaiki Infrastruktur

Written By Unknown on Minggu, 11 November 2012 | 09.18

Jakarta, KompasOtomotif - Presiden Direktur Toyota Motor Corporation (TMC) meminta kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk memperbaiki infrastruktur Indonesia untuk mendorong Toyota menjadi basis produksi. Pasalnya, selain konsentrasi menggarap pasar lokal, Toyota juga berniat memperbesar porsi ekspor dari Indonesia ke negara lain.

"Karena kami punya rencana ekspor ke negara lain, kami memohon supaya (SBY) bisa mempercepat penataan infrastruktur," ujar Toyoda di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat, hari ini (10/11/2012).

Dilanjutkan, Toyota bertekad mau mendorong perkembangan industri otomotif nasional, salah satunya dengan memperkuat sampai ke hilir. Salah satu keinginan pemerintah Indonesia adalah dengan meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). "Untuk itu kami memohon dukugan yang kuat supaya industri kecil dan menengah dari Jepang bisa ikutan masuk ke Indonesia," lanjut Toyoda.

Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, dengan masuknya industri kecil dan menengah bisa meningkatkan daya saing industri nasional, karena ongkos produksinya tidak akan sebesar yang berskala besar.

Buruh

Terkait masalah buruh yang lagi bergejolak di Indonesia, Johnny mengaku sudah membahas hal tersebut dengan Presiden SBY. Mewakili Grup Toyota, Johnny meminta agar kondisi ini bisa diselesaikan dengan cara sebaik mungkin.

"Tujuan utamanya supaya iklim investasi bisa terjaga, otomatis produktivitas akan tinggi," beber Johnny. Dilanjutkan, masalah buruh yang terjadi saat ini dipicu karena ada beberapa perusahaan alih daya (outsourching) yang tidak melakukan kewajibannya membayar dengan gaji standar. Hal ini kemudian memicu aksi buruh yang protes akan hak mereka.

Kedua-duanya, lanjut Jolhnny harus saling mengerti, karena masing-masing punya kepentingan yang sama. Perusahaan jangan sampai logout (menghentikan usahanya) dan buruh juga jangan mogok terus. Satu hal yang diinginkan pengusaha adalah adanya kewaspadaan dari aparatur hukum, jangan sampai ada pembiaran (intimidasi).
 


Anda sedang membaca artikel tentang

Toyoda Minta Presiden RI Perbaiki Infrastruktur

Dengan url

http://sainsisteck.blogspot.com/2012/11/toyoda-minta-presiden-ri-perbaiki.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Toyoda Minta Presiden RI Perbaiki Infrastruktur

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Toyoda Minta Presiden RI Perbaiki Infrastruktur

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger