Pertamina Gandeng Toyota Siapkan BBM Euro4

Written By Unknown on Sabtu, 16 Februari 2013 | 09.18

Jakarta, KompasOtomotif - PT Pertamina (Persero) menggandeng Toyota Motor Corporation untuk mengembangkan dan memanfaatkan energi alternatif ramah lingkungan untuk Indonesia. Nota kerjasama tersebut ditandatangani oleh Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina M Afdal Bahaudin dan Managing Officer Toyota Motor Corporation, Japan Soichiro Okudaira, di Jakarta, hari ini (15/2/2013).

Kerjasama difokuskan untuk penelitian dan pengembangan bahan bakar nabati (biofuel), CNG (BBG) dan BBM dengan standar Euro 4 untuk transportasi darat. Kerjasama dilaksanakan dua tahun ke depan.

"Studi ini menjadi langkah awal kami mendukung pemerintah memanfaatkan energi alternatif yang ramah lingkungan. Khususnya untuk transportasi yang saat ini masih sangat bergantung pada BBM konvensional," komentar Afdal Bahaudin dalam rilis yang diterima KompasOtomotif, hari ini.

Sementara itu, Soichiro mengatakan, "Toyota berharap bisa membantu Pertamina mulai mengembangkan dan memanfaatkan sumber daya energi alternatif yang ramah lingkungan secara optimal. Hal tersebut sejalan dengan upaya Toyota menghargai planet melalui pengembangan teknologi baru".

Indonesia memiliki sumber energi beragam baik hasil fosil maupun non fosil dengan tingkat konsumsi 0,9 toe (ton oil equivalent) per kapita. Sekitar 94 persen energi Indonesia masih bersumber dari fosil, terdiri dari 47 persen minyak, 21 persen gas alam dan 26 persen batubara. Sisanya, energi baru dan terbarukan, masih sedikit. 

Pemerintah memproyeksikan, konsumsi energi nasional akan meningkat menjadi 1,7 toe per kapita dalam jangka menengah. Porsi energi yang digunakan diharapkan akan berubah, minyak 23 persen, batubara 30,7 persen, gas alam 19,7 persen. Pemerintah menargetkan, penggunaan energi baru dan terbarukan naik menjadi 25,9 persen sehingga lebih bersih dan ramah lingkungan.
 


Anda sedang membaca artikel tentang

Pertamina Gandeng Toyota Siapkan BBM Euro4

Dengan url

http://sainsisteck.blogspot.com/2013/02/pertamina-gandeng-toyota-siapkan-bbm.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pertamina Gandeng Toyota Siapkan BBM Euro4

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pertamina Gandeng Toyota Siapkan BBM Euro4

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger