Anak Orangutan Diserahkan

Written By Unknown on Jumat, 26 April 2013 | 09.18

Anak Orangutan Diserahkan

Kamis, 25 April 2013 | 21:23 WIB

KOMPAS/LUKAS ADI PRASETYA

Orangutan (Pongo pygmaeus morio) jantan berumur sekitar 4 tahun ini ditempatkan di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Kalimantan Timur, Rabu (24/4/2013). Satwa ini sebelumnya dirawat seorang warga Sangkulirang, Kutai Timur yang tidak tega melihat orangutan itu sendirian dan berkeliaran di sekitar rumah.

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Seekor orangutan (Pongo pygmaeus morio) berumur 4 tahun diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III Kalimantan Timur. Satwa ini sebelumnya dirawat warga yang kasihan melihatnya tanpa induk dan kelaparan.

Anak orangutan itu diserahkan Ery Sutanto, warga Balikpapan, Selasa (23/4/2013), ke Kantor BKSDA Balikpapan. Namun, pemeliharanya bukan Ery, melainkan warga transmigran di Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur. Ery tengah berada di Sangkulirang saat melihat anak orangutan itu di rumah warga.

"Warga ditanya Ery, mengapa memelihara orangutan. Ternyata karena kasihan. Anak orangutan itu sempat pergi beberapa hari, tetapi kembali lagi ke rumah warga itu," ujar Darmanto, polisi hutan di BKSDA Wilayah III, Rabu.

Ery melapor ke BKSDA dan membawa anak orangutan itu ke BKSDA. Menurut Darmanto, sepintas, anak orangutan itu dalam kondisi sehat. Giginya lengkap dan tidak ada tanda bekas penganiayaan di tubuhnya.

Danang Anggoro, Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah III, mengatakan, anak orangutan akan bersama induknya hingga berumur 6-7 tahun. "Ada kemungkinan anak orangutan ini sudah tidak memiliki induk. Dia mungkin kebingungan. Ketika ada orang memberikan makan dan tak menyakiti, anak orangutan ini akan menurut," katanya. (PRA)


Anda sedang membaca artikel tentang

Anak Orangutan Diserahkan

Dengan url

http://sainsisteck.blogspot.com/2013/04/anak-orangutan-diserahkan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Anak Orangutan Diserahkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Anak Orangutan Diserahkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger