Ditemukan, Spesies Ikan yang Bisa Menghasilkan Listrik

Written By Unknown on Senin, 02 September 2013 | 09.19


KOMPAS.com — Biolog menemukan dua spesies ikan baru yang bisa menghasilkan listrik di Sungai Amazon.

Ikan yang mampu menghasilkan listrik sebenarnya bukan hal baru. Meski demikian, dua jenis ikan yang baru saja ditemukan ini berbeda dengan jenis ikan lain yang memproduksi listrik, misalnya belut listrik.

Salah satu perbedaannya adalah listrik yang dihasilkan. Sementara belut listrik menghasilkan 600 volt, dua spesies ikan baru ini hanya mampu menghasilkan listrik dalam jumlah beberapa ratus milivolt.

Perbedaan kedua adalah kegunaan listrik yang dihasilkan. Belut listrik memakai listrik untuk mencari mangsa dan menghindari predator. Sementara itu, dua jenis ikan baru ini memakai listrik untuk membantu navigasi. Navigasi dengan menggunakan listrik itu dikenal dengan nama elektrolokasi.


Dua spesies ikan yang ditemukan itu dinamai Brachyhypopomus bennetti dan B. walteri.

Kedua spesies itu juga memiliki perbedaan terkait produksi listriknya. John Sullivan dari Cornell University yang memimpin studi ini mengatakan, B. walteri menghasilkan sinyal listrik arus searah (AC). Sementara itu, B. bennetti menghasilkan sinyal listrik dalam arus bolak-balik (DC).

Analisis lebih lanjut mengungkap, arus bolak balik yang dihasilkan oleh B. bennetti merupakan bentuk adaptasi. Ekor ikan, di mana organ penghasil listrik terdapat, sering dimakan predator. Jika ekor mengalami luka, maka ikan tak mampu menghasilkan listrik.

Dengan menghasilkan arus bolak-balik, kata ilmuwan seperti dikutip National Geographic, Jumat (30/8/2013), produksi listrik B. bennetti takkan terpengaruh oleh ekor yang mengalami luka atau terpotong sebagian.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Zookeys, Rabu (29/8/2013).

Editor : Yunanto Wiji Utomo


Anda sedang membaca artikel tentang

Ditemukan, Spesies Ikan yang Bisa Menghasilkan Listrik

Dengan url

http://sainsisteck.blogspot.com/2013/09/ditemukan-spesies-ikan-yang-bisa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ditemukan, Spesies Ikan yang Bisa Menghasilkan Listrik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ditemukan, Spesies Ikan yang Bisa Menghasilkan Listrik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger