Sebuah Situs Pemujaan Ditemukan di Banjarnegara

Written By Unknown on Selasa, 22 Oktober 2013 | 09.18

Proses pembersihan situs cagar budaya yang baru ditemukan di Bukit Pangonan, Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (18/10). Situs berupa fondasi batu persegi tersebut diduga merupakan tempat meditasi atau semacam tempat belajar seperti halnya bangunan Darmasala di kompleks Candi Arjuna Dieng. Dalam sebulan terakhir, sudah dua situs yang ditemukan di bukit yang berada di sebelah barat kompleks utama candi di Dieng. | KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSO


KOMPAS.com - Sebuah situs cagar budaya kembali ditemukan di Bukit Pangonan, Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Struktur bangunan berupa fondasi batu persegi tersebut diperkirakan bukan bagian dari konstruksi candi, melainkan semacam tempat pemujaan atau meditasi umat Hindu.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa, Alif Faozi, Minggu (20/10/2013), mengatakan, situs tersebut ditemukan tidak berjauhan dari lokasi penemuan candi di Bukit Pangonan di ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut pada akhir September lalu. Letak situs berada tepat di bawah bangunan miniatur candi yang ditemukan atau sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut.

"Secara tidak sengaja, warga melihat beberapa bongkahan batu yang berserakan di titik yang akan dipromosikan sebagai lokasi pandang matahari terbit. Setelah itu, kami bersihkan tanah yang menumpuk di atasnya," ujar Alif. Warga pun menghubungi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara.

Fondasi batu datar berukuran panjang 4 meter dan lebar 3 meter dengan kedalaman sekitar 1,5 meter tersebut terletak di lereng bukit sebelah timur. Warga juga menemukan banyak batu bagian candi di balik rerumputan atau pepohonan di sekitar situs tersebut.

Kepala Subbagian Tata Usaha UPT Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Aryanto mengatakan, dari penelitian awal diperkirakan fondasi batu lempeng tersebut merupakan tempat meditasi atau belajar agama seperti bangunan Darmasala di sekitar kompleks Candi Arjuna Dieng.

Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, Winda Artista Harimurti, mengatakan, tidak tertutup kemungkinan Bukit Pangonan pada sekitar abad ke-8 menjadi tempat pemujaan umat Hindu selain kompleks Candi Arjuna yang berada di bagian lembah. (GRE/KOMPAS CETAK)

Editor : Yunanto Wiji Utomo


Anda sedang membaca artikel tentang

Sebuah Situs Pemujaan Ditemukan di Banjarnegara

Dengan url

http://sainsisteck.blogspot.com/2013/10/sebuah-situs-pemujaan-ditemukan-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sebuah Situs Pemujaan Ditemukan di Banjarnegara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sebuah Situs Pemujaan Ditemukan di Banjarnegara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger