Ertiga, Asa Baru Suzuki di Indonesia

Written By Unknown on Senin, 26 November 2012 | 09.18

Jakarta, KompasOtomotif - Senyum Suzuki Indonesia makin lebar tahun ini. Penjualan produknya perlahan tapi pasti terus meningkat berkat sosok Ertiga. Khususnya menyaingi merek yang sudah menguasai segmen multi-purpose vehicle (MPV) 7-penumpang dengan harga paling terjangkau (entry level). Ertiga adalah asa baru bagi Suzuki di Indonesia.

Indonesia menjadi negara kedua di dunia yang meluncurkan Ertiga setelah India. Tapi, Suzuki Motor Corporation mengaku banyak mengambil masukan dari Indonesia waktu menrencanakan produk ini. Suzuki sudah memperkenalkannya sejak masih konsep "R III" di Indonesia International Motor Show 2010. Bahkan lafal Indonesia dari nama mobil tersebut (ertiga) dipilih menjadi nama model terbaru Suzuki itu.

Kebut
Kini, setelah enam bulan dipasarkan Ertiga berhasil membuktikan dirinya sebagai produk unggulan. Duet maut Toyota Avanza-Daihatsu Xenia bahkan dibuat ketar-ketir denganperforma penjualan jagoan baru Suzuki ini. "Sampai saat ini (Oktober 2012), total penjualan Ertiga sudah 28.000 unit, sampai akhir tahun kami coba kejar jadi 38.000 unit," komentar Davy Tuilan, Direktur Penjualan SIS di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, akhir pekan lalu.

Ertiga terbukti sangat menarik bagi konsumen Indonesia. Hal tesebut terbukti dari pangsa pasar yang makin meningkat dari target awal hanya 15 persen. "Sekarang,Oktober saja sudah 19 persen di segmen MPV murah. Ini membuat kompetitor gerah," lanjut Davy.

Prestasi Ertiga di kancah persaingan penjualan mobil tanah air juga dibuktikan dengan keberhasilan menduduki peringkat sembilan model terlaris sepanjang tahun ini.

Lebih lengkap
Apa yang membuat Ertiga fenomenal dan berhasil membuktikan diri sebagai jagoan baru? Endro Nugroho, Direktur Pemasaran SIS mengatakan, kunci utamanya adalah menerapkan peribahasa "Tak kenal, maka tak sayang". Upaya ATPM yang biasanya merahasiakan produk sampai benar-benar diluncurkan, tidak berlaku bagi Ertiga. "Kami justru menggiring supaya Ertiga sudah dikenal sejak dari konsep. Peluncuran perdana di India sampai akhirnya hadir di masyarakat," beber Endro.

Hanya dengan mengandalkan pemberitaan di media, konsumen sudah antri memesan Ertiga sampai 4.800 orang dengan menyerahkan tanda uang jadi. Faktor lain yang memupuk kepercayaan konsumen bukan lagi merek, tetapi fitur-fitur yang tidak ada pada kompetitor. "Mulai dari dua kantung udara, immobilizer, anti-lock braking system, electronic brake distribution, sampai penambahan besi baja pada keempat pintu sisi mobil. Semua itu andalan kami," lanjut Endro.

Harga
Bertempur di segmen MPV murah yang dikuasai Avanza-Xenia butuh kekuatan lain dan tidak cukup mengandalkan fitur. "Faktor utama adalah harga yang kompetitif," jelas Davy Tuilan. Suzuki berhasil mempertahankan harga bukan hanya di Jabodetabek, juga di luar wilayah itu. "Kita menyerang jantung kompetitor dengan semangat khusus dari para dealer di daerah," lanjut Davy.

Performa Ertiga juga diikuti oleh Mega Carry (APV pikap) yang makin digemari pengusaha di Indonesia. Hasilnya, Oktober lalu penjualan Suzuki di Indonesia naik ke posisi kedua, yaitu 15.655 unit, menggeser Daihatsu hanya 14.882 dan Mitsubishi 15.005 unit.

Sampai akhir tahun Suzuki menargetkan bisa menjual paling kurang 120.000 unit dan menguasai pangsa 12 persen  dari total penjualan 1 juta unit, naik dari tahun lalu,10,5 persen. Sepanjang Januari-Oktober, Suzuki sudah menjual 103.537 unit berada pada posisi kempat nasional.

Berdasarkan prestasi tersebut, Ertiga bisa dikaan sebagai  model fenomenal di tahun Naga Air.

 Data 20 Mobil Terlaris di Indonesia

No

Merek/Model

Unit

1

Toyota Avanza

157.189

2

Toyota Innova

61.731

3

Daihatsu Xenia

61.532

4

Mitubishi Truk Colt Diesel

46.327

5

Suzuki Carry Pikap

36.759

6

Daihatsu Gran Max Pikap (1.5L + 1.3L)

31.089

7

Toyota Rush

28.741

8

Nissan Grand Livina (1,5 + 1,8)

27.621

9

Suzuki Ertiga

26.196

10

Mitsubishi L-300

23.049

11

Toyota Yaris

22.397

12

Mitsubishi T-120SS Pikap

21.409

13

Daihatsu Terios

20.091

14

Honda Jazz

18.632

15

Toyota Dyna

17.17

16

Toyota Fortuner termasuk 4x4

 17.017

17

Honda Freed

16.349

18

Isuzu

15.087

19

APV minibus

13.205

20

Pajero Sport

12.635

 Data diolah oleh KompasOtomotif


Anda sedang membaca artikel tentang

Ertiga, Asa Baru Suzuki di Indonesia

Dengan url

http://sainsisteck.blogspot.com/2012/11/ertiga-asa-baru-suzuki-di-indonesia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ertiga, Asa Baru Suzuki di Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ertiga, Asa Baru Suzuki di Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger