Toyota Siapkan Satu Model Baru Bulan Depan

Written By Unknown on Senin, 12 November 2012 | 09.18

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota berniat menambah satu model baru  multi purpose vehicle (MPV) ke Indonesia dan dirakit secara lokal (CKD) oleh salah satu anak perusahaan Toyota Motor Corporation di Indonesia yaitu Toyota Auto Body (TAB) di fasilitas produksinya Sugity Creative, Bekasi, Jawa Barat mulai Desember 2012. "Akhir November ini akan sudah ada pengumumannya, tunggu saja itu kan rencana bulan depan," komentar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor di Jakarta Pusat, akhir pekan lalu (10/11/2012).

"Soal berapa investasi dan apa jenis MPV yang mau diproduksi belum bisa diumumkan sekarang ini," jelas Presiden Direktur TAB Takuji Amioka yang juga belum menyebutkan kapasitas produksi yang dikejar dalam satu tahun.

Dari penelusuran KompasOtomotif, ada beberapa kandidat model baru yang siap diluncurkan Toyota akhir bulan ini. Pertama Noah, MPV menengah yang disiapkan untuk memperkuat penjualan di segmen yang paling besar di Indonesia. Pasalnya, penjualan Avanza yang sampai kini masih tercatat sebagai mobil terlaris di Indonesia mulai terganggu dengan kehadiran model pesaing seperti Suzuki Ertiga dan Nissan Evalia.

Kedua, Etios Liva yang sejak tahun lalu sampai beberapa bulan terakhir kerap ditemui tengah menjalani uji coba di jalan-jalan protokol Ibukota Jakarta. Kehadiran Liva akan membuka segmen baru bagi Toyota dan menantang rival Jepang lain yang sudah lebih dulu melepas produk ke pasar seperti, Nissan March, Honda Brio dan Mitsubishi Mirage di segmen yang sama.

Komersial

Tapi, Presiden Direktur Toyota Motor Corp (TMC) Akio Toyoda pada jumpa pers di Jakarta, Sabtu (9/11/2012), usai bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, AUB akan memproduksi mobil komersil. "Di Indonesia kami beroperasi sebagai Toyota Group. Toyota memproduksi mobil penumpang, Daihatsu memproduksi mobil kecil, dan Toyota Auto Body memproduksi mobil komersial," jelas Toyoda.

Dari ucapan bos Toyota itu, bisa jadi produk baru Toyota yang dimaksud di atas segmen pikap kecil, yang selama ini ditinggalkan Toyota pasca generasi terakhir kijang sebelum tahun 2000-an. Tapi, belum ada informasi pasti terkait rencana ini!

Saat ini, saham PT Sugity Creatives dikuasai AUB sebesar 88,52 persen, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (6,47 persen) dan Toyota Tsusho (lima persen). Fasilitas itu sudah beroperasi di Indonesia sejak 1995 untuk memproduksi komponen resin seperti perangkat panel mobil, radiator, bumper, kotak konsol, dan emblem.
 


Anda sedang membaca artikel tentang

Toyota Siapkan Satu Model Baru Bulan Depan

Dengan url

http://sainsisteck.blogspot.com/2012/11/toyota-siapkan-satu-model-baru-bulan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Toyota Siapkan Satu Model Baru Bulan Depan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Toyota Siapkan Satu Model Baru Bulan Depan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger